Untuk terjaminnya mutu Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tingkat program studi telah ditetapkan melalui rapat Prodi Ilmu Pemerintahan pengelola baru Unit Penjaminan Mutu (UPM) Prodi Ilmu Pemerintahan dari sebelumnya dijabat oleh Drs.Apriansyah, M.Si kepada pejabat baru Drs.H.Saifuddin, M.Hum.

Adapun mekanisme monotoring perkuliahan adalah, sebagai berikut :

  • Jurusan/Program studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unlam guna mencapai kualitas perkuliahan yang optimal dan berkualitas senantiasa melakukan monitoring dan pengawasan terhadap jalannya perkuliahan.
  • Kegiatan monitoring dan pengawasan terhadap jalannya perkuliahan adalah dengan cara mengumpulkan absensi kehadiran dosen dan mahasiswa pada setiap akhir perkuliahan.
  • Absensi kehadiran dosen yang juga diisi dengan materi-materi yang disampaikan oleh dosen pada setiap kali pertemuan perkuliahan akan selalu dicocokkan dengan kontrak kuliah, RKPS dan RKPM mata kuliah yang telah disampaikan pada awal perkuliahan setiap mata kuliah.
  • Untuk menjaga kualitas perkuliahan juga dilakukan penilaian (evaluasi) terhadap setiap dosen pengampu mata kuliah yang dilakukan oleh setiap mahasiswa peserta mata kuliah yang bersangkutan dengan pengisian form evaluasi yang disediakan oleh prodi, yang disebut EDOM.
  • Penilaian terhadap dosen oleh mahasiswa (EDOM : Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa) ini dilakukan pada setiap akhir perkuliahan dengan cara pengisian daftar pertanyaan dengan tanpa menyebutkan nama mahasiswa pengisi penilaian (anonim).
  • Penilaian terhadap dosen ini ditujukan untuk melakukan evaluasi terhadap dosen sehingga kualitas dosen selalu terjaga.

Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) yang dilaksanakan setiap semester oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) Prodi dengan berkordinasi dengan Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Lambung Mangkurat, dimaksudkan untuk memonitor kesesuaian perkuliahan yang telah ditetapkan oleh universitas sebagai salah satu upaya penjaminan mutu lulusan.

LInk Kuisioner Evaluasi Pembelajaran