Diesnatalis Prodi Ilmu Pemerintahan Ke – 58

Fisip ULM ( Universitas Lambung Mangkurat ) jurusan ilmu pemerintahan menyelenggarakan disnatalis yang ke-58 jurusan/prodi ilmu pemerintahan & kuliah umum untuk pertama kalinya yang bertemakan “SEMANGAT MEMBANGUN PERADABAN YANG BERDAYA SAING DI KALIMANTAN SELATAN” bertempat di aula kampus Fisip ULM, Selasa(21/02/2017).

Tanggal 12 Februari 1959 adalah tahun yang sangat bersejarah bagi Jurusan/ Program Studi Ilmu Pemerintahan. Pada tahun tersebut, secara resmi Ir. Soekarno menandatangani SK Pendirian Jurusan Tata Praja (sekarang bernama Ilmu Pemerintahan).

Di usianya yang ke-58 tahun, Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan selalu berupaya untuk tetap mempertahankan semangat berkontribusi nyata dalam membangun bangsa. Hal itu didasari atas kesadaran kolektif seluruh civitas academica Ilmu Pemerintahan FISIP ULM dalam menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Memasuki usianya yang hampir setengah abad ini, Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan telah membuktikan diri untuk terus tumbuh di berbagai tempaan rezim pemerintahan, baik di era Orde Lama, Orde Baru maupun era reformasi. Jurusan Ilmu Pemerintahan sebagai bagian integral dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat, senantiasa berkomitmen penuh dalam upaya-upaya mencerdasakan kehidupan dan meningkatkan daya saing bangsa agar harkat dan martabat manusia Indonesia semakin terangkat dalam pergaulan masyarakat internasional.

Sebagai ungkapan Rasa Syukur, maka Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan akan menggelar rangkaian kegiatan Dies Natalis Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan yang ke 58 tahun. Kegiatan ini dirasa sangat perlu karena tidak hanya sebagai kegiatan evaluasi institusi, namun juga dipandang sebagai wahana untuk mempererat tali silaturrahim dan memperkuat jaringan antara civitas academica Jurusan/Ilmu Pemerintahan dengan para alumni maupun mitra/stakeholder terkait.

 Salah satu rangkaian acara disnatalis prodi ilmu pemerintahan adalah kuliah umum & diskusi terbatas Jurusan Ilmu Pemerintahan “Refleksi 58 tahun peran dan langkah strategis Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan dalam memperkuat daya saing bangsa” oleh civitas Academica, Pinisepuh dan Alumni Ilmu Pemerintahan FISIP ULM, serta stakeholder terkait, dengan jumlah peserta 250 orang. Yaitu dengan pembicara tunggal pada kegiatan ini adalah Drs. H. Abdul Haris Makkie, M.M (Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan).

Menurut Paturrahman,Sos.MA selaku dosen prodi ilmu pemerintahan dan juga ketua pelaksana disnatalis ini “Sebenarnya ini penerapan baru pada jurusan ilmu pemerintahan, karena sebelumnya belum ada dilaksanakan disnatalis jurusan baik itu dari jurusan ilmu pemerintahan sendiri yang tertua atau jurusan yang lain ada di FISIP ULM. Kita berusaha untuk membuat trobosan baru untuk melaksanakan yang namanya disnatalis jurusan atau prodi ilmu pemerintahan, semangat ini seperti yang disampaikan oleh bapak dekan bahwa ini merupakan bukti untuk kita memperkokoh rasa kecintaan kita, tidak hanya almamater tetapi juga tempat lembaga kita bernaung yaitu prodi atau jurusan ilmu pemerintahan. Maka dari itu didalam rangkaian kegiatan tersebut ada refleksi, yaitu menghadirkan para alumni-alumni untuk memberikan nasehat dan juga wejangan kemudian harapan,tujuannya yaitu untuk mempererat tali silaturrahmi agar bisa terwujudnya kerjasama dengan para alumni baik dalam sektor pemerintahan maupun sektor swasta.”

Dalam acara disnatalis ini dihadiri oleh pejabat kampus, seperti Dosen,Dekan, Dan juga para alumni-alumni Jurusan/Prodi Ilmu Pemerintahan. Disnatalis ini tidak hanya dihadiri oleh pejabat kampus dan alumni-alumni tetapi juga dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi/Jurusan Ilmu Pemerintahan. Tujuannya yaitu agar terciptanya rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” yang muda menghormati yang tua, yang tua menghargai yang muda”.

Dalam Acara Ini di berikan penghargaan JIP AWARD Tatuha Pagawai Kepada Drs.H. Haris Makkie, M.S.i sebagai Sekda Provinsi  Kalimantan Selatan yang juga alumni Prodi Ilmu Pemerintahan Angkatan 1982, JIP Award Manjunjung Nang Tuha Nang Batuah diberikan kepada Drs. H. Djailani Abbas,  Prof. Dr. H. Asmadji Darmawi , M.M, dan  Dr. H. M Sapi’i M.S.i sebagai dosen yang Purna Tugas (Pensiun).

  

 

 

 Piagam 1     Piagam 4

 Piagam 2     Piagam 3

 

Blog Attachment

Leave us a Comment