LiPP-JIP Dampingi Kerja sama BNI 46 dengan BUM Desa Se-Kecamatan Cirebon, Kab. Barito Kuala

Laboratorium Riset Ilmu Politik & Pemerintahan (LiPP-JIP) FISIP UNLAM kembali menunjukkan “kerja nyata” untuk menyukseskan program pemerintah dalam bidang pembedayaan kesejahteraan masyarakat lokal. Dalam kesempatan kali ini LiPP-JIP dengan diwakili oleh salah satu Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, Pathurrahman, S.Sos., M.A., berperan sebagai pendamping Pemerintah Kecamatan Cerbon yang melakukan kerjasama dengan BNI 46 Cabang Banjarmasin.

Produk kerjasama yang melibatkan tiga lembaga ini yakni peluncuran program Laku Pandai BNI untuk mensupport Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) se-Kecamatan Cerbon. Setelah terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) se-Kecamatan Cerbon melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang secara marathon dilaksanakan dari tanggal 28-31 Maret 2016, maka dalam rangka peningkatan kinerja profesionalisme Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), diperlukan adanya kesiapan kapasitas sumber daya manusia pengelolanya. Untuk itulah pihak Pemerintah Kecamatan Cerbon bersama-sama dengan LiPP-JIP menggandeng pihak perbankan dalam melakukan pembinaan manajemen keuangannya.

Laku Pandai BNI 46 menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya yang disokong oleh penggunaan sarana teknologi informasi berbasis komputer dan smartphone yang telah mulai akrab digunakan oleh masyarakat sehari-hari.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memberikan pelayanan keuangan tanpa kantor dalam rangka menumbuh-kembangkan keuangan inklusif berbasis masyarakat pedesaan. Titik tekan program ini terletak pada produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan saat ini. Dengan semakin banyaknya anggota berbagai kelompok masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia menggunakan layanan keuangan / perbankan, diharapkan kegiatan ekonomi  masyarakat dapat semakin lancar sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia terutama antara desa – kota.

Melalui program kerja sama ini, nantinya masyarakat dapat melakukan transaksi  tanpa harus  ke lokasi kantor bank, melainkan cukup mengunjungi lokasi BUM Desa selaku agen Laku Pandai yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

LiPP-JIP berkomitmen penuh untuk menjadi patner Pemerintah Kecamatan Cerbon dalam melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Program Pojok Laku Pandai BNI 46 Banjarmasin ini. Selain itu LiPP-JIP juga dirasa perlu untuk melakukan penelitian terkait faktor-faktor pendorong maupun faktor penghambat dari program tersebut, baik dari pendekatan sosiologis-kultural maupun politik-pemerintahan.

bni

Blog Attachment

Leave us a Comment